PEMBELAJARAN MENULIS LANJUTAN DI SEKOLAH DASAR SEBUAH ANALISIS DAN USULAN TEORETIS

Main Article Content

Nurul Ittihad
Rahma Ashari Hamzah
Reli Citra

Abstract

To improve students' writing skills, they must master the type of essay based on their own personal experiences. While they are learning to write, the goal of advanced writing instruction in elementary school is for students to develop the ability to convey their thoughts and feelings, as well as to express their knowledge, ideas, and opinions. This literature review will employ qualitative research methods and will be based on a study or review of existing literature. Consequently, the aim of this research is to gather information about the methods elementary schools use to teach effective writing skills. One challenge with teaching writing is that the open-ended materials used by teachers are often not engaging. Additionally, publicly available creative writing resources are often insufficient for teachers. Many educators argue that writing is merely an assignment to be completed and graded. Developing writing skills in elementary school is a crucial step toward improving students' literacy. However, many teachers focus solely on students' written results without actively helping them develop their writing process. Advanced writing instruction fosters students' creativity and critical thinking by teaching various writing styles, such as narration, description, and exposition, which helps them articulate their ideas more systematically. Teachers play a vital role in supporting students to improve the quality of their writing through guidance and constructive feedback.


Untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa, mereka harus menguasai jenis karangan yang didasarkan pada pengalaman pribadi mereka sendiri. Pembelajaran menulis lanjutan di sekolah dasar bertujuan untuk menulis lanjutan di sekolah dasar adalah untuk memperoleh informasi dan pemahaman mengenai metode serta strategi yang digunakan oleh guru sekolah dasar dalam meningkatkan keterampilan menulis lanjutan siswabelajaran menulis lanjutan di sekolah dasar adalah agar siswa memiliki kemampuan tertulis menyampaikan pikiran dan perasaan mereka serta mengungkapkan pengetahuan, ide, dan pendapat mereka. Penelitianini menggunakan metode penelitian kualitatif didasarkan pada studi literatur atau kajian pustaka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang metode yang digunakan sekolah dasar untuk mengajar keterampilan menulis yang baik. Salah satu masalah dengan keterampilan menulis adalah bahan terbuka yang digunakan guru tidak menarik. Selain itu, sumber daya penulisan kreatif yang tersedia untuk umum tidak cukup untuk guru. Banyak guru berpendapat bahwa menulis hanyalah tugas yang harus dikumpulkan dan dinilai sendiri. Menulis lanjutan di sekolah dasar adalah langkah penting dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa. Banyak guru yang hanya fokus pada hasil tulisan siswa tanpa membantu mereka menulis secara aktif. Pembelajaran menulis lanjutan meningkatkan kreativitas dan daya berpikir kritis siswa dengan mengajarkan berbagai jenis tulisan, seperti narasi, deskripsi, dan eksposisi, yang membantu mereka menyampaikan ide-ide mereka dengan lebih sistematis. Guru bertanggung jawab untuk membantu siswa memperbaiki dan meningkatkan kualitas tulisan mereka dengan memberikan bimbingan dan umpan balik.

Article Details

How to Cite
Ittihad, N., Hamzah, R. A., & Citra, R. (2025). PEMBELAJARAN MENULIS LANJUTAN DI SEKOLAH DASAR: SEBUAH ANALISIS DAN USULAN TEORETIS. Masokan Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(1), 78–94. https://doi.org/10.34307/misp.v5i1.143
Section
Articles

References

Afriandini, Afriandini, Wahyullah Alannasir, and Rahma Ashari Hamzah. “Penerapan Model Pembelajaran Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sdn 229 Inpres Cambaya Kabupaten Maros.” ALENA : Journal of Elementary Education 2, no. 1 (2024): 52–64. https://doi.org/10.59638/jee.v2i1.90.

Alif, Mudiono. “Pembelajaran Literasi Menulis Cerita Di SD.” edited by Setiyono Wahyudi. Malang: Surya Pena Gemilang, 2024.

Cappa, Erwin, Rahma Ashari Hamzah, and Intan Intan. “Pengembangan Aspek Landasan Terhadap Perancangan Kurikulum Di Sekolah Dasar.” Scholars 2, no. 1 (2024): 14–28. https://doi.org/10.31959/js.v2i1.2372.

Ermiyanti, E, L Irawati, and “Penerapan Model Mind Mapping Dengan Media Gambar

Untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Peserta Didik Kelas VI SDN Bendo 1 Kecamatan Padas ….” Wewarah: Jurnal … 1, no. 3 (2022): 251–66. http://e- journal.unipma.ac.id/index.php/WEWARAH/article/view/14060%0Ahttp://e- journal.unipma.ac.id/index.php/WEWARAH/article/download/14060/4595.

Fadhilah Hilmy Nasution, Pramudia Ananda, Siti Fadilla, and Juni Sahla Nasution. “Hakikat Media Pembelajaran Menulis Di Kelas Tinggi.” Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika 2, no. 4 (2024): 130–38. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i4.1098.

Hasim, Hernowo. “Free Writing.” edited by Ikhdah Henny. yogyakarta: PT Bentang Pustaka, 2020.

Hisbullah, Hisbullah, and Andi Muhammad Ajigoena. “Management of Learning Evaluation in Elementary Schools.” Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen 9, no. 2 (November 1, 2021): 704–13. https://doi.org/10.56457/jimk.v9i2.318.

Ibda, H, and A G Wijanarko. “Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Era Digital.” CV. Pilar Nusantara, 2022.

https://books.google.co.id/books?id=JaZeEAAAQBAJ.

Inggriyani, Feby, and Nur Anisa Pebrianti. “Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 7, no. 01 (2021): 1–22. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.175. Juwita, P. Bahasa Indonesia SD: Panduan Praktis Untuk Mahasiswa PGSD. Penerbit NEM,

https://books.google.co.id/books?id=SAr6EAAAQBAJ.

Khotijah, Siti, Nurmalina, and Ramdhan Witarsa. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Membaca Dan Menulis Siswa Pada Jenjang Pendidikan Dasar.” JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan 7, no. 2 (2023): 204–11.

Muliasa, Wayan, and Desak Janawati. “ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS LANNUTAN KELAS V SD N 2 KAWAN” 4, no. 2 (2022): 46–53.

Nunes, Andreia, Carolina Cordeiro, Teresa Limpo, and São Luís Castro. “Effectiveness of Automated Writing Evaluation Systems in School Settings: A Systematic Review of Studies from 2000 to 2020.” Journal of Computer Assisted Learning 38, no. 2 (2022): 599–620. https://doi.org/10.1111/jcal.12635.

Oktrifianty, E. “Kemampuan Menulis Narasi Di Sekolah Dasar (Melalui Regulasi Diri, Kecemasan Dan Kemampuan Membaca Pemahaman).” CV Jejak (Jejak Publisher), 2021. https://books.google.co.id/books?id=tPQ4EAAAQBAJ.

Prihatin, Yulianah. “Problematika Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring.” Jurnalistrendi : Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan 6, no. 2 (2021): 136–45. https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v6i2.790.

Seftiani, Enok Elin. “Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Dengan Menggunakan Metode Karya Wisata Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar.” Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 6, no. 2 (2020): 115–24. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p115-124.

Ulfah, Anisa, Nur Zumaisaroh, Lailatul Fitriyah, and Elena Jesica. “Model Pembelajaran Literacy Circle Sebagai Inovasi Pembelajaran Menulis Puisi Di Era Merdeka Belajar.” GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2022, 216–29. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7588.

Wibowo, Setiawan Edi, Bambang Saptono, Agung Hastomo, Herwin, and Amalia Rizki Ardiansyah. “The Challenges of Implementing the Independent Curriculum in Indonesian Language Learning in Elementary School High Classes.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 7, no. 3 (2023): 536–45. https://doi.org/10.23887/jisd.v7i3.59167.

Wiratam angga, novialita, fatimah.daniati iis, widiyati, Evita. “Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Kontektual Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (2020): 3(2), 524–32. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971.

Yusu, Suyuti, and Baso Sulaiman. “Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Pembentukan Kerakter Peserta Didik.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7, no. 9 (2024): 10883–90. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.6007.