MENGKAJI KETEPATAN UCAPAN DALAM KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Andi Intan Nuraeni
Rahma Ashari Hamzah
Ahmad Farid Wajdi
Inartiani

Abstract

Speaking skills are one of the main components in effective communication and play a crucial role in everyday life. In the context of education, these skills are not only needed to convey ideas and information, but also to build positive social interactions among students, teachers and the community. Good speaking skills help individuals to express thoughts, share experiences, and influence and convince others. This study aims to examine the accuracy of learners' speech in order to communicate orally well in conveying an idea or opinion. With this research, it is expected that learning speaking skills so that students can practice their speaking skills to be able to communicate with others so that the objectives of this research can be achieved. This research was conducted through qualitative research methods with the type of library research used in the form of books, articles and journals. The results of this study indicate that the development of elementary school students' speaking skills is influenced by several factors ranging from the environment, teacher teaching methods, and opportunities provided to speak such as group discussions, role-playing and teachers also have an important role in directing and providing constructive feedback which shows that teachers can provide positive encouragement and create a supportive environment that can increase students' confidence in speaking.


Keterampilan berbicara adalah salah satu komponen utama dalam komunikasi yang efektif dan memainkan peran krusial dalam kehidupan sehari-hari. Dalam konteks pendidikan, keterampilan ini tidak hanya diperlukan untuk menyampaikan ide dan informasi, tetapi juga untuk membangun interaksi sosial yang positif di antara siswa, guru, dan masyarakat. Kemampuan berbicara yang baik membantu individu untuk mengekspresikan pemikiran, berbagi pengalaman, serta memengaruhi dan meyakinkan orang lain. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ketepatan ucapan peserta didik agar dapat berkomunikasi secara lisan dengan baik dalam menyampaikan suatu gagasan atau pendapat. Dengan adanya penelitian ini diharapkan pembelajaran keterampilan berbicara agar peserta didik dapat melatih keterampilan berbicaranya untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain agar tujuan penelitian ini dapat tercapai. Penelitian ini dilakukan melalui metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lembaga pustaka (Library Research) yang digunakan berupa buku, artikel dan jurnal. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar itu dipengaruhi oleh beberapa faktor mulai dari lingkungan, metode pengajaran guru, dan kesempatan yang di berikan untuk berbicara seperti diskusi kelompok, role-playing dan guru juga memiliki peran penting dalam mengarahkan dan memberikan umpan balik yang konstruktif yang menunjukkan bahwa guru dapat memberikan dorongan positif dan menciptakan lingkungan yang suportif dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara.

Article Details

How to Cite
Intan Nuraeni, A., Hamzah, R. A., Wajdi, A. F., & Inartiani. (2024). MENGKAJI KETEPATAN UCAPAN DALAM KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Masokan Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(2), 95–109. https://doi.org/10.34307/misp.v4i2.136
Section
Articles
Author Biography

Rahma Ashari Hamzah, Universitas Islam Makassar

Rahma Ashari Hamzah, S.Pd., M.Pd.

References

Anjelina, Nadya, and Wini Tarmini. “Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 7327–33. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3495.

Ariana, Riska. “Konsep Keterampilan Berbicara Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” KONSEP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR, 2016, 26.

Arief, Darnis. PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR. Vol. 2, 1998.

Dalman. KETERAMPILAN BERBICARA. Sumatra Barat: CV. Azka Pustaka, 2024.

Ekaningtyas, Dita Puspita. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Sosiodrama.” Paedagogie 13, no. 2 (2018): 71–76. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v13i2.2368.

Floryantini, Kt Novi, Dw. Nyoman Sudana, and Md. Sumantri. “Pengaruh Model Sfae Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V.” Mimbar Ilmu 24, no. 1 (2019): 114. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17468.

Hermawan, Agus, and Bagus Waluyo. “Pelatihan Keterampilan Berbicara Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Depan Umum Pada Himpunan Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Nahdlatul Ulama Blitar Tahun 2019.” Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual 4, no. 1 (2019): 114. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i1.276.

Mufidatul Khusna , Debby Rahmawati, Befa Damai Revolusi, and Conny Dian Sumadi Shofiatul Karimah , Gesti Kinasih Hardhini. “Dentifikasi Keterampilan Berbicara Yang Diajarkan Guru Kelas VI Sekolah Dasar” 1, no. 3 (2006). https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1541.

Nanda Amri Wardhani, Sumarwati, Purwadi. “UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR : PENELITIAN TINDAKAN KELAS Nanda” 4 (2016): 128–44.

Nasution, Rafika Dewi. “PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA.” Pengembangan Keterampilan Berbicara, 2020.

Nurwida, Martin. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Story Tellyng Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Guru “COPE” 20, no. 2 (2016): 4.

Rina, Harlina, Rahma Ashari Hamzah, and Supriadi. “Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V Sd Negeri 10 Saotengah Kabupaten Sinjai the Effectiveness of Active Debate Method in Improving the Speaking Ability of Class V Students of State 10 Primary School Saotengah” 2, no. 2 (2024): 388–98.

Safitri, Andriani, Mei Nur Rusmiati, Hafni Fauziyyah, and Prihantini. “Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022): 9333–39. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3886.

Syamsuddin, Rohana. Keterampilan Berbahasa Indonesia. Universitas Negeri Makassar, 2021.

Wabdaron, Densemina Yunita, and Yansen Alberth Reba. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Sekolah Dasar Manokwari Papua Barat” 2, no. 1 (2020).