STATUS SOSIAL EKONOMI PESERTA DIDIK DENGAN PERFORMA AKADEMIK AKANKAN BERHUBUNGAN ATAU BERTOLAK BELAKANG?

Main Article Content

Alfian Nur Muzaki
https://orcid.org/0000-0003-3009-4119
Lukman Fadholi
Putri Ayu Rohana
Stella Dea Riseva
Tri Wisnu Hadi Wijaya
Isna Ida Mardiyana

Abstract

The academic success of students is often linked to various factors, including their parents' socioeconomic status (SES). This study aimed to examine the relationship between SES and the academic performance of students in class 2B UPTD SDN Pangeran 3 in English and mathematics, and to identify other factors influencing academic success. The research adopted a qualitative methodology with triangulation techniques. Findings indicated that while SES significantly impacts students' academic achievement, other factors such as parental involvement, motivation to learn, and environmental influences also play a role. The study revealed that in class 2B UPTD SDN Pangeran 3, some students with low SES can achieve high academic results. In contrast, students with high SES may struggle academically due to a lack of parental supervision and uncontrolled technology use. Consequently, this study emphasizes the need for a comprehensive approach to enhance students' academic achievement.


Keberhasilan akademik peserta didik seringkali dikaitkan dengan beberapa faktor termasuk status sosial ekonomi (SES) orang tua. Tujuan penelitian yang dilaksanakan yaitu mengetahui korelasi antara SES dengan prestasi akademik peserta didik di kelas 2B UPTD SDN Pangeranan 3 mata pelajaran Bahasa Inggris dan matematika, serta mengidentifikasi faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi keberhasilan akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik triangulasi. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa meskipun SES berperan penting dalam menentukan prestasi akademik peserta didik, tetapi terdapat faktor-faktor lain yang berkontribusi, seperti keterlibatan orang tua, motivasi belajar, dan pengaruh lingkungan. Penelitian ini menunjukkan bahwa pada kelas 2B UPTD SDN Pangeranan 3 diketahui beberapa peserta didik dengan SES rendah mampu mencapai prestasi akademik tinggi, sedangkan peserta didik dengan SES tinggi mengalami kesulitan belajar disebabkan kurangnya pengawasan orang tua dan penggunaan teknologi yang kurang terkontrol. Oleh karena itu, penelitian ini menyoroti pentingnya pendekatan secara menyeluruh dalam meningkatkan keberhasilan prestasi akademik peserta didik.

Article Details

How to Cite
Muzaki, A. N., Fadholi, L., Rohana, P. A. ., Riseva, S. D., Wijaya, T. W. H., & Mardiyana, I. I. (2025). STATUS SOSIAL EKONOMI PESERTA DIDIK DENGAN PERFORMA AKADEMIK: AKANKAN BERHUBUNGAN ATAU BERTOLAK BELAKANG? . Masokan Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(1), 64–77. https://doi.org/10.34307/misp.v5i1.147
Section
Articles
Author Biographies

Lukman Fadholi, Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia

PPG PGSD FKIP UTM

Putri Ayu Rohana, Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia

PPG PGSD FKIP UTM

Stella Dea Riseva, Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia

PPG PGSD FKIP UTM

Tri Wisnu Hadi Wijaya, Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia

PPG PGSD FKIP UTM

Isna Ida Mardiyana, Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia

PPG PGSD FKIP UTM

References

Ady Dharma, Dwitya Sobat. ‘Membaca Peran Teori Ekologi Bronfenbrenner Dalam Menciptakan Lingkungan Inklusif Di Sekolah’. SPECIAL Special and Inclusive Education Journal 3, no. 2 (2 March 2023): 115–23. https://doi.org/10.36456/special.vol3.no2.a6642.

Anisha, Dea. ‘Memahami Dampak Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Pemerataan Pendidikan Dan Keberhasilan Siswa’. EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan 1, no. 2 (2024): 57–62. https://doi.org/10.37985/jedu.v1i2.5.

Assa, Riswan, Evelin J R Kawung, and Juliana Tumiwa. ‘Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Di Desa Sonuo Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara’. Jurnal Ilmiah Society 2, no. 1 (2022).

Chair, Sek Ying, Tin Yan Sit, Wai Ching Ng, Yuen Ying Mak, and Kwun Hang Li. ‘The Effects of a Social Service Project on Personal Growth and Academic Performance in Secondary School Students from Low Socioeconomic Status’. International Journal of Inclusive Education 27, no. 14 (6 December 2023): 1516–29. https://doi.org/10.1080/13603116.2021.1902001.

Deswalantri, Deswalantri, Maria Fatima B Beribe, Riyanti Riyanti, Hadi Prayitno, and Nika Sintesa. ‘Pengaruh Status Sosial Ekonomi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia’. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 2024, 1531–40.

Fadlan, Ahmad. ‘Pengaruh Latar Belakang Ekonomi Keluarga Dan Biaya Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Linggabayu’. Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo 15, no. 1 (12 April 2022): 81–88. https://doi.org/10.21107/pamator.v15i1.14064.

Fahrurrozi, Fahrurrozi, Yofita Sari, and Prasetyo Wiguna. ‘Studi Literatur: Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar’. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4, no. 4 (20 June 2022): 5472–79. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3009.

Filippi, Roberto, Andrea Ceccolini, Roisin C. Perry, and Michael S. C. Thomas. ‘The Impact of Multilingualism and Socio-Economic Status on Academic Performance: Evidence from the SCAMP and the National Pupil Databases’. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism 28, no. 1 (2 January 2025): 53–72. https://doi.org/10.1080/13670050.2024.2397445.

Harmiyanti, Ina Dwi, and Ruli Astuti. ‘Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Sekolah Dasar’. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1, no. 4 (28 June 2024): 1–11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.715.

Klein, Markus, Michael Fröhlich, Andrea Pieter, and Eike Emrich. ‘Socio‐economic Status and Motor Performance of Children and Adolescents’. European Journal of Sport Science 16, no. 2 (22 March 2016): 229–36. https://doi.org/10.1080/17461391.2014.1001876.

Lubis, Sofni Indah Arifa. Lingkungan Belajar Anak Dalam Perspektif Ekologi Bronfenbrenner. Serasi Media Teknologi, 2024.

Mayasari, Mayasari, Arief Hidayatul, Novia Sri Dwijayanti, and Nurmala Sari. ‘Pengaruh Tingkat Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak’. Business and Accounting Education Journal 4, no. 1 (2023): 18–24. https://doi.org/10.15294/baej.v4i1.69420.

Nikmawati, Nikmawati, Henry Suryo Bintoro, and Santoso Santoso. ‘Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar’. Jurnal Edutech Undiksha 9, no. 2 (6 September 2021): 254. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38975.

Rani Puspita, Silvina Waroh, and Gusmaneli. ‘Peran Dukungan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pendidikan Menengah’. Journal Educational Research and Development | E-ISSN : 3063-9158 1, no. 2 (1 November 2024): 51–63. https://doi.org/10.62379/jerd.v1i2.41.

Ratnawati, Ratnawati, and Mir’atul Hasanah. ‘Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Selama Pandemi COVID-19’. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi 1, no. 1 (21 July 2021): 60–69. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i1.339.

Rimadhani, Ariska, and Muhammad Abduh. ‘Upaya Guru Dalam Meningkatkan Performa Akademik Siswa Berlatar Belakang Status Sosial Ekonomi Rendah Di Sekolah Dasar’. Jurnal Basicedu 6, no. 4 (22 May 2022): 6203–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3200.

Sugiyono. Sugiyono, Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D, 2015.

Sukmanasa, Elly, and M Afifuddin Khotibul Umam. ‘Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TARL) Untuk Mengakomodasi Perbedaan SES (Status Sosial Ekonomi) Peserta Didik’. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9, no. 04 (2024): 489–501. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19949.

Supit, Deisye, and Nathasya Moureen Gosal. ‘Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Prestasi Belajar Siswa’. Jurnal Educatio FKIP UNMA 9, no. 1 (27 February 2023): 177–82. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4557.

Syahrudin, Husni. ‘Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi SMA Se-Kota Putussibau’. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) 7, no. 1 (18 August 2022): 195–205. https://doi.org/10.31932/jpe.v7i1.1585.

Tani, Brigita Junainsi, Hairun Subuh, and Theodorus Pangalila. ‘Peran Status Sosial Ekonomi Terhadap Performa Akademik Dari Perspektif Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Tondano’. Tumoutou Social Science Journal 1, no. 2 (21 October 2024): 106–13. https://doi.org/10.61476/ndakva68.

Tapalak, Nur Wahyudi. ‘Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMPN 3 Kepulauan Selayar’, 2019.