EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP PGRI ULUWAY
Main Article Content
Abstract
Abstract: In accordance with the problems found in the field regarding students' learning willingness to study Christian Religious Education which is still low, the question being studied is formulated, namely how the effectiveness of the STAD type learning model for increasing student learning willingness with the intention of describing the effectiveness of the STAD type learning model in increasing willingness to learn, espe cially in class VII SMP PGRI Uluway. This research is based on the theory of activity and student interaction in providing encouragement and helping when understanding learning with the aim of getting the best results using the classroom action research method. The results show that in the implementation of two cycles through the STAD type, the interest in learning increases, namely in the first cycle the aspect of student interest in learning is still lacking so that it is continued to the second cycle of research. After conducting research in cycle II by looking at the shortcomings of cycle I, it can be said that learning is successful in accordance with the main target. It illustrates that the STAD type is an effective type in increasing student learning interest.
Sesuai dengan masalah yang didapatkan di lapangan mengenai kemauan minat belajar siswa mempelajari Pendidikan Agama Kristen yang masih rendah sehingga dirumuskanlah pertanyaan yang diteliti yaitu bagaimana efektivitas model pembelajaran tipe STAD bagi peningkatan kemauan minat belajar murid dengan maksud menguraikan keefektifan model pembelajaran tipe STAD dalam peningkatan meningkatkan kemauan minat dalam belajar khususnya di kelas VII SMP PGRI Uluway. Penelitian ini berdasarkan teori tentang kegiatan dan interaktif murid dalam memberikan dorongan serta menolong ketika memahami pembelajaran dengan tujuan mendapatkan hasil terbaik dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hasilnya menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan dua siklus melalui tipe STAD maka minat belajar naik yaitu pada siklus I aspek minat belajar siswa masih kurang sehingga dilanjutkan ke penelitian tindakan siklus II. Setelah melakukan penelitian pada siklus II dengan melihat kekurangan siklus I maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran berhasil sesuai dengan target utama. Itu menggambarkan bahwa tipe STAD merupakan tipe yang efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran & Praktek Pendidikan Agama Kristen. Jakarta, 2018.
Cairns, I.J. Tafsiran Alkitab: Kitab Ulangan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2003.
Edison, F. Thomas. 52 Metode Mengajar. Bandung: kalam hidup, 2017.
H.E. Mulyasa. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
Haudi. Strategi Pembelajaran. Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri, 2021.
Isjoni. Cooperatif Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta, 2014.
Khosim, Noer. Belajar Dan Pembelajaran Yang Menggembirakan. jakarta: Suryamedia Publishing, 2019.
Kusnadi. Metode Pembelajaran Kolaboratif. Tasikmalaya: Edu Publisher, 2018.
Nana Syaodih Sukmadinata. Metode Penelitian Tindakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.
Nurdina Hanifa. Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori Dan Aplikasi. Bandung: UPI PRESS, 2014.
Nana Sudjana, Penelitian Dan Penilaian Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009).
Ponidi. Model Pembelajaran Inovatif Dan Efektif. Indramayu: Adab, 2020.
Rahim, Rani. Pendekatan Pembelajaran Guru. Jakarta: Yayasan kita Menulis, 2021.
Rochiati Wiriaatmadja. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.
Sidjabat, B.S. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Kalam Hidup, 2017.
Sudjana, Nana. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.
Sanda Tandi allo, Serlin. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Mengikuti Mata Pelajaran PAK Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Kelas VII di SMP Pelita Harapan Rantepao. Skripsi: Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Toraja, 2016.
Pandung, Satriana. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 7 pada Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Gandangbatu. Skripsi: Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Toraja, 2014.
Zebua, Try Gunawan. Menggagas Konsep Minat Belajar Matematika. Gunungsitoli: Guepedia, 2021.
http://www. Suharman.com/2015/Model Pembelajaran STAD. Html, diakses tgl 6 Maret 2022 Pukul 08.00-08.30.
Io Telaumbanua, Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal FIDEI 1, No. 2 (2018): 220-231, https://www.neliti.com.