Peran Guru Terhadap Dampak Digital Learning Bagi Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
The purpose of this writing is to analyze the role of teachers in tackling the impact of digital learning towards the character building of students at elementary school. Digital learning gives positive and negative effects towards elementary school children. Therefore, the teacher becomes an upbuilding and directs the child to use the digital tools wisely. Through the good character management towards the digital use, it will also build the good character of elementary school students. As to this matter, the research method used is a qualitative method with a descriptive approach. The qualitative method is a method in the field of human science with an activity to collect facts and relationships with the human nature, society, behavior and spiritual nature of man. Some findings from this research consist of the use digital learning, the impact of digital learning for the character building of elementary school children, and the role of teachers in building the character of the students in the digital age. Digital learning, basically, gives good impact towards students, however it also creates bad impact towards the character related to the morality of children. Therefore, teachers are responsible to fortify students in facing the impact of digital learning.
Tujuan penulisan ini ialah untuk menganalisis peran guru dalam mengatasi dampak digital learning terhadap pembentukan karakter Anak SD. Digital learning memberikan dampak positif dan negatif bagi anak SD. Maka guru menjadi sosok yang dapat membina dan mengarahkan anak untuk menggunakan alat digital dengan baik. Agar melalui pengelolaan sikap terhadap digital dengan baik akan membentuk karakter yang baik pula bagi anak SD. Terkait hal tersebut, maka metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan secara deskriptif. Metode kualitatif merupakan metode dalam bidang ilmu kemanusiaan dengan aktivitas untuk mengumpulkan fakta serta hubungan dengan alam, masyarakat, kelakuan serta rohani manusia yang kemudian dijabarkan secara deskriptif. Adapun temuan-temuan dalam penulisan yakni, pengaplikasian digital learning khususnya bagi anak SD, dampak digital learning bagi pembentukan karakter anak SD, serta bagaimana peran guru terhadap pembentukan karakter anak di era digital. Digital learning pada dasarnya berdampak baik khususnya kepada siswa, namun juga dapat berdampak buruk terhadap karakter yang menyangkut moral dan akhlak anak. Dengan demikian, guru bertanggung jawab untuk membentengi siswa dalam menghadapi dampak dari digital learning.
Article Details
References
Elyas, Ananda Hadi. “Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran,” Jurnal Warta (2018): 4-7.
Fajar, Muhammad. “Penggunaan Media Sosial di Kalangan Siswa Sekolah Dasar,” Pendidikan Dasar (2020): 4.
Fatimah. “Literasi Digital dan Hubungannya Terhadap Perilaku Anak Usia Dini di PAUD,” Ilmu Komunikasi 9 No 1 (2020): 1-3.
Firman. “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19“, Indonesia Journal of Educational Science (IJES) 2 No 2 (2020): 1-2.
Hidayat, Nandang. “Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran,” Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar 2 No 1 (2019): 3-6.
Hidayatullah, Achmad. Digital Learning (Surabaya: UMSurabaya Publishing, 2018): 21-22.
Lestari, Sudarsri. “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi,” Pendidikan Agama Islam: Edureligia 2 No 2 (2018): 3.
Lola, James Anderson. “Strategi Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak (Tk) Pada Era Pandemi Covid-19“, Pendidikan Kristen 1 (2020): 119.
Nurcahya, Ade. “Pemberian Penguatan (reinforcement) dan Kreatifitas Mengajar Guru Sebagai Determinan Motivasi Belajar Siswa” Pendidikan Manajemen Perkantoran 5 No 1 (2020): 2-3.
Paramansyah, Arman. “Manajemen Pendidikan dalam Menghadapi Era Digital,” (Medan: Fakultas Ekonomi Universitas, 2020):105-109.
Putra, Riza Aulia. “Peran Teknologi Digital Dalam Perkembangan Dunia Perancangan Arsitektur,” Jurnal of Islamic Science and Technology 4 No 1 (2018): 2-3.
Putri, Dini Palupi. “Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital, “Pendidikan Dasar 2 No 1 (2018): 2-4.
Santika, I Wayan Eka. “Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring,” Nilai dan Karakter Pendidikan di Indonesia (2020): 5-6.
Schwab, Klaus. Revolusi Industri Keempat (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019): 156.
Sholekah, Friska Fitriani. “Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013,” Pendidikan Anak Usia Dini 1 No 1 (2020): 2-3.
Simarmata, Janner. “Inovasi Pendidikan Lewat Transformasi Digital,” (Yayasan Kita Menulis, 2019): 57-58.
Sitompul, Hafsah. “Metode Keteladanan Dan Pembiasaan Dalam Penanaman Nilai-Nilai Dan Pembentukan Sikap Pada Anak,” Darul ‘ilmi 4 No 1 (2016): 3-4.
Siyoto, Sandu. Dasar Metodologi Penelitian (Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015): 28-29.
Sopiah, Cucu. “Dampak Pembelajaran Online Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini,” Jurnal Jendela Bunda 8 No 2 (2021): 22-23
Sulastri, Dera. “Pemanfaatan Platform Digital Dalam Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar,” Pendidikan Dasar (2020): 6-7.
Trisnawati, Wahyu. “Penanaman Nilai Karakter Melalui Pembiasaan Berbahasa Jawa Pada Anak Usia Dini Di Desa Tanggeran, Kabupaten Banyumas,” Pendidikan Anak Usia Dini 10 No 2 (2019): 5.