Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Komunikasi Interpersonal Remaja Di Gereja Toraja Jemaat Tombang Makale Selatan
Main Article Content
Abstract
Abstract: The purpose of this study is to determine the effect of using gadgets on adolescent interpersonal communication in the Toraja Church Tombang, Klasis Makale Selatan. This study uses a quantitative approach with correlational methods, involving 40 research respondents. The process of carrying out this research is by distributing questionnaires to respondents and collecting back the results of respondents' answers to be processed and the research is carried out at the Toraja Church, Tombang Klasis, Makale Selatan Congregation. Based on the results of the study, it is concluded that the use of gadgets had an effect on adolescent interpersonal communication in the Toraja Church of the Tombang Klasis Makale Selatan, where the Pearson correlation value obtained was -0.660 (more than 0.05), which indicates that there is a strong relationship between the use of gadgets and communication. adolescent interpersonal. Then through simple linear regression analysis, the results showed that variable X had an effect on Variable Y, namely the value of ttable> ttable (-5.419> 2.021) and a significance value of <0.05 (0.000 <0.05), both variables were negatively related. This is because the coefficient obtained is negative, which indicates that if the use of gadgets increases, interpersonal communication among adolescents will decrease, and vice versa.
Keywords: Gadget, Interpersonal Communication, Teenagers
Abstrak: Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh penggunaan gawai terhadap komunikasi interpersonal remaja di Gereja Toraja Jemaat Tombang Klasis Makale Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional, dengan melibatkan 40 responden penelitian. Proses pelaksanaan penelitian ini ialah dengan membagikan angket kepada responden dan mengumpulkan kembali hasil jawaban responden untuk diolah dan penelitian dilaksanakan di Gereja Toraja Jemaat Tombang Klasis Makale Selatan. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Product Moment yang bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya hubungan antara penggunaan gawai dengan komunikasi interpersonal remaja di Gereja Toraja Jemaat Tombang Klasis Makale Selatan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan gawai berpengaruh terhadap komunikasi interpersonal remaja di Gereja Toraja Jemaat Tombang Klasis Makale Selatan, dimana nilai pearson corelation yang didapatkan ialah -0,660 (lebih besar dari 0,05), yang menunjukkan terdapat hubungan yang kuat antara penggunaan gawai dengan komunikasi interpersonal remaja. Lalu melalui analisis regresi linear sederhana diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap Variabel Y, yakni nilai ttabel>ttabel (-5,419>2,021) dan nilai signifikansi<0,05 (0,000<0,05), hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan negatif antara penggunaan gawai terhadap komunikasi interpersonal remaja. Temuan ini menandakan bahwa penggunaan gawai remaja meningkat sehingga mempengaruhi komunikasi interpersonal remaja menjadi rendah.
Kata Kunci: Gawai, Komunikasi Interpersonal, Remaja
Article Details
References
Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori, Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Alsa, Asmadi. Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif Serta Kombinasinya Dalam Penelitian Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Arniwati dan R. Budyarto, Dampak Teknologi Terhadap Kehidupan Rohani Anak & Remaja, Malang: Gandum Mas, 2012.
Azwar, Saifuddin. Reliabilitas dan Validitas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Chusna, Puji Asmaul. “Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak,” Dinamika Penelitian: media komunikasi sosial keagamaan 17 no. 2 (November 2017).
CNN Indonesia, “Agar Anak Tak Berlebihan Pakai Internet Dan Gawai Saat PSBB,” http:www.cnnindonesia.com (diakses 5 April 2021).
Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Dokumen sejarah Gereja Toraja Jemaat Tombang (2010).
Effendy, Onong Uchjana. Dinamika Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.
Ellyana Surya Mahari et al., “Pelatihan Intentional Change Model untuk Meningkatkan Leader Effectiveness Pengurus Persekutuan Pemuda Gereja Toraja (PPGT),” Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam 17, no.2 (2020).
Fanani, Iqbal et.al, “Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB),” Fundamental management journal 1 no.1 (2020).
Gunarsah, Singgih D. dan Yulia Singgih D. Gunarsah, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja Jakarta: Gunung Mulia, 2008.
Halim, Makmur. Model-Model Penginjilan Yesus, Jawa Timur: Gandum Mas, 2003.
Harapan, Edi dan Syarwani Ahmad, Komunikasi Antarpribadi:Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014.
Hardjana, Agus M. Komunikasi Intrapersonal Dan Interpersonal, Yogyakarta: Kanisius, 2003.
Kamil, Muhammad Faris, Pengaruh Gadget Berdampak Kepada Kurangnya Komunikasi Tatap Muka Dalam Kehidupan Sehari-Hari (Lampung : IAIN Raden Intan Lampung, 2017.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses melalui https://kbbi. Kemdikbud.go.id/ 12 April 2021.
Nainggolan, J.M. Strategi Pendidikan Agama Kristen, Jawa Barat: Generasi Info Media, 2008.
Nasution S., Metode Research(Penelitian Ilmiah), Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Niftrik, G.C van dan B.J Boland, Dogmatika Masa Kini, Jakarta: Gunung Mulia, 2015.
Nofrita, Serliska Janiriawati. “Peran Orang Tua Mendisiplinkan Anak Usia Dini Pada Penggunaan Gadget Di Gepsultra Jemaat Zoar Pelambua” Skripsi, STAKN Toraja, 2019.
Panuntun, Daniel Fajar et al., “Model Ibadah Sekolah Minggu Kreatif-Interaktif Bagi Generasi Alfa Di Gereja Toraja,” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 2 (2019).
Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah, Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
R, Asri Anggreini Rahayu et al. “Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi,” Parole: jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia 1 no. 2 (Maret 2018).
Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Bandung:Alfabeta, 2012.
Riduwan dan Akdon, Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika, Alfabeta: Bandung, 2010.
Rizal Fadli, “Kecanduan Smartphone, Ratusan Anak Masuk RS Cisarua,” http:www.halodoc.com (diakses 12 April 2021).
Rosiyanti, Hastri dan Rahmita Nurul Mutmainnah. “Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Matematika Dasar,” Fibonacci: jurnal pendidikan matematika dan matematika 4 no. 1 (Juni 2018).