PERAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MEMBENTUK INDIVIDU YANG MODERAT DALAM KEBERAGAMAN

Main Article Content

Deni Yanto Birrang Allo
Mardika Gusmino
Sumiaty Sumiaty

Abstract

This article aims to examine religious moderation in Indonesia from the perspective of Christian Religious Education. Indonesia, which is known for its diversity in terms of culture, ethnicity, language, and even religion, is certainly one of the riches that Indonesia itself has. This is what makes Indonesia known for its diversity. Looking at the vastness of Indonesia, of course, brings up the big question: Can diversity in Indonesia work well and not cause chaos? Moreover, from a religious perspective, it is certainly not easy to achieve a society that can respect each other in terms of daily actions and behavior between people of different religions. The type of research used is literature study (library research). The type of research used is qualitative research with a literature study method (library research) regarding Christian Religious Education, which encourages a moderate attitude in dealing with diversity. The literature study method is a series of activities related to collecting library data, reading and taking notes, and managing research materials. Data was obtained by tracing several research results related to moderation in religion based on facts that have occurred in Indonesia and Christian Religious Education. Data was collected and then analyzed using Huberman's theory. The research results show that Christian Religious Education has a very important role in instilling Christian values in every individual by imitating Christ as the main figure in Christianity. By living these Christian values, individuals will be able to apply love to others, respect differences, be able to communicate well, and develop services to the community and other humanitarian actions without looking at differences.


Artikel ini bertujuan untuk mengkaji moderasi beragama di Indonesia dari segi Pendidikan Agama Kristen. Indonesia yang dikenal akan berbagai keberagaman baik dari segi budaya, suku, bahasa, bahkan agama tentunya menjadi salah satu kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia sendiri. Melihat Indonesia yang sangat luas, tentunya membawa pertanyaan besar bahwa: Apakah keberagaman di Indonesia ini bisa berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan kekacauan? apalagi ditinjau dari segi agama tentunya bukan hal yang mudah dalam mencapai masyarakat yang bisa saling menghargai baik dari segi tindakan dan perilakunya sehari-hari antar umat yang beragama.  Jenis penelitian yang digunakan adalah studi literatur (library research).  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi literatur (library research) yakni mengenai Pendidikan Agama Kristen yang mendorong sikap moderat dalam menghadapi keberagaman. Data diperoleh melalui penelusuran beberapa hasil penelitian yang terkait moderasi dalam beragama berdasarkan fakta-fakta yang telah terjadi di Indonesia. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan mengacu pada teori Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Kristen memiliki peran yang sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai kekristenan pada setiap individu dengan meneladani Kristus sebagai tokoh utama dalam kekristenan. Dengan menghidupi nilai-nilai kekristenan tersebut individu akan bisa menerapkan kasih kepada sesama, menghargai perbedaan, mampu berkomunikasi dengan baik, serta mengembangkan pelayanan pada masyarakat dan aksi-aksi kemanusiaan lainnya tanpa melihat perbedaan.

Article Details

How to Cite
Allo, D. Y. B., Gusmino, M., & Sumiaty, S. (2023). PERAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MEMBENTUK INDIVIDU YANG MODERAT DALAM KEBERAGAMAN. Masokan Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(2), 125–137. https://doi.org/10.34307/misp.v3i2.122
Section
Articles

References

Admin. “Moderasi Beragama Dari Perspektif Kristen.” Legacynews.id. Last modified 2021. Accessed May 26, 2023. https://legacynews.id/moderasi-beragama-dari-perspektif-kristen/.

Ardilla, Meissiandani, Indri Chisca Triani, Inggrit Inggrit, Elin Elin, and Priska Priska. “Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Bingkai Pendidikan Agama Kristen.” JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan 1, no. 4 (2023): 629–643. https://jip.joln.org/index.php/pendidikan/article/view/65.

Bakar, Abu. “Studi Terhadap Teologi Katolik Dan Protestan.” Riau: LPPM UIN SUSKA Riau, 2012.

Chomsah, Aida. “‘Golden Mean’ Was Born (Sebuah Upaya Implementatif Moderasi Beragama Di Tengah Masyarakat).” Kemenag.go.id.

Edison, Thomas. Pendidikan Nilai-Nilai Kristiani Menabur Menuai Nilai. Bandung: Kalam Hidup, 2018.

Hasugian, Syalam Hendky, and Johanes Waldes Hasugian. “Spiritualitas Pendidik Kristen Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 24–32. https://doi.org/10.46307/rfidei.v6i1.70.

Hidayat, Komaruddin. Menghadapi Tantangan, Memperjuangkan Kerukunan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.

Joseph, Fonny. “GOD Is Love | 1 Yohanes 4:8 (TB).” Bacaalkitab.com. Last modified 2022. Accessed May 23, 2023. https://bacaalkitab.com/god-is-love-1-yohanes-48-tb-2/.

Kantohe, Angelly Christisya. “Menemukan Makna Ibadah: Pemahaman Warga Jemaat GPIB ‘Sola FIde’ Muara Badak Terhadap Makna Ibadah.” Universitas Kristen Satya Wacana, 2017. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/13465/4/T1_712013085_Judul.pdf.

Nole, Otniel Aurelius, and Serdianus Serdianus. “Pendidikan Interreligius Berbasis Moderasi Beragama Untuk Membentuk Karakter Bangsa.” Melo: Jurnal Studi Agama-agama 3, no. 2 (2023): 90–106. https://doi.org/10.34307/mjsaa.v3i2.140.

Rahman, Muhamad Arif. FOKUS Pengawasan Khazanah Keberagaman Nusantara. Jakarta: Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI, 2016.

Rantung, Djoys Anake. “Pendidikan Agama Kristen Dan Politik Dalam Kehidupan Masyarakat Majemuk di Indonesia.” Shanan: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2017): 58–73. doi.org/10.33541/shanan.v1i2.1492.

Salim, Mabruri Pudyas. “Multikultural Adalah Keberagaman Budaya, Ketahui Faktor Pembentuknya.” Liputan6.com. Last modified 2022. https://www.liputan6.com/hot/read/5020103/multikultural-adalah-keberagaman-budaya-ketahui-faktor-pembentuknya.

Samly, Deny, and Yohanes Joko Saptono. “Penanaman Nilai-Nilai Kristen Berdasarkan Ulangan 6: 7 Bagi Pertumbuhan Manusia Rohani Anak.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 7, no. 2 (2022): 194–207.

Serdianus, Serdianus, and Tjendanawangi Saputra. “Preservasi Moderasi Beragama Di Indonesia Melalui Pengamalan Konsep Keniscayaan Keberagaman.” In Penguatan Moderasi Beragama Dalam Perspektif Pendidikan, Budaya, Dan Tradisi Agama-Agama Di Indonesia, edited by Deflit Dujerslam Lilo and Yohanes Krismantyo Susanta, 189–211. Yogyakarta: PT Kanisius, 2023.

Siregar, Nurliani, Bangun Munthe, Sunggul Pasaribu, Darman Samosir, Jojor Silalahi, and Peniel E. Sirait. Etika Kristen: Dasar Etika Pendidikan Dan Membangun Karakter Bangsa. Edited by Nurliani Siregar. Medan: CV Vanivan Jaya, 2019. https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6423.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2005.

Trisaputra, Imanuel, Joshua Salem Lolo, and Serdianus Serdianus. “Penamanan Prinsip-Prinsip Moderasi Beragama Bagi Peserta Didik Melalui Pengajaran Pendidikan Agama Kristen.” Vidya Samhita : Jurnal Penelitian Agama 9, no. 2 (2023): 95–102. https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/vs/index.

UKDW, Humas. “Kekuatan Untuk Mengasihi Sesama.” Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta. Last modified 2019. https://www.ukdw.ac.id/kekuatan-untuk-mengasihi-sesama/.

Untung, Pebe. “Generasi Z Dan Pendidikan Moderasi Beragama: Membangun Sikap Toleransi Dalam Era Digital,” 2023.

Walean, Jefrie. “Pararelisme Hikmat Dengan Pendidikan Kristen Dalam Amsal 3 : 1-4.” Jurnal Salvation 2, no. 1 (2021): 19–28. http://jurnal.sttbkpalu.ac.id/index.php/salvation/index.