ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR PROSES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMP NEGERI 2 MAKALE
Main Article Content
Abstract
The purpose of this study was to analyze the implementation of process standards in PAK learning which includes aspects of lesson planning, the process of implementing learning, and learning assessment. Because by implementing or implementing process standards properly, it is very supportive in improving the quality of learning, especially in the current millennial era. The theory described in the provisional answer is the nature of implementation, the nature of PAK learning, the nature of national standards as an integral part of national education standards, the era of education millennials, and the quality of learning. The type of research used in this research is descriptive with a qualitative approach. This research was conducted at Makale 2 Public Middle School, with data collection techniques using library research, interviews, observation, and documentation studies. Based on the findings and analysis of the results of the research, it shows that in the aspect of preparation or planning of learning devices, it shows that the data is declared complete so this indicates an increase in the quality of learning, but in the implementation of learning PAK teachers carry out a different learning process from what is documented to show that teachers do not have consistency in planning and implementing learning. Then, the implementation of process standards in the assessment aspect at Makale 2 Public Middle School is still at the level of learning outcomes assessment, this means that it is still in the old concept and no longer in the millennial era concept.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang implementasi standar proses dalam pembelajaran PAK yang meliputi aspek perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Karena dengan menerapkan atau mengimplementasikan standar proses dengan baik maka sangat menunjang dalam meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya di era milenial sekarang ini. Adapun teori yang dijabarkan dalam sebagai jawaban sementara yakni hakikat implementasi, hakikat pembelajaran PAK, hakikat standar nasional sebagai bagian integral dari standar nasional pendidikan, pendidikan era milenial serta mutu pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Makale dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Berdasarkan temuan dan analisis hasil penelitian, menunjukkan bahwa dalam aspek persiapan atau perencanaan perangkat pembelajaran menunjukkan data bahwa dinyatakan lengkap sehingga hal ini mengindikasikan terjadinya peningkatan kualitas pembelajaran, namun dalam pelaksanaan pembelajaran guru PAK melakukan proses pembelajaran berbeda dengan yang terdokumen untuk menunjukkan bahwa guru tidak memiliki kekonsistenan dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Yang kemudian, implementasi standar proses pada aspek penilaian di SMP Negeri 2 Makale masih berada pada taraf penilaian hasil belajar, hal ini berarti bahwa masih berada pada konsep lama bukan lagi pada konsep era milenial.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ahmad, Masduki. Manajemen Mutu Pendidikan, Pasuruan: PT Qiara Media, 2021.
Anjani Putri Belawati Pandiangan, Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru dan Kompetensi Belajar Siswa, Yogyakarta: PT Deepublish, 2019.
Anwari, Ahmad Mufit, Strategi Pembelajaran: Orientasi Standar Proses Pendidikan, Bandung: Edu Publisher, 2021.
Dwiyogo, Wasis, D. Pembelajaran Visioner, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2016.
Fauzi H. Ahmad. Manajemen Pembelajaran: Edisi Revisi Kurikulum Nasional 2013, (Yogyakarta: Deepublish, 2014.
Groome, Thomas H. Christian Religious Education, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.
Jumaedah, Analisis Kualitas Pembelajaran, (2018), Jurnal http://osf.io/prepint/inarxiv/r8puq/, diakses pada Oktober 2020.
Kristianto, Paulus L. Prinsip & Praktik Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2002.
Kurniawan, Andri. Evaluasi Pembelajaran, Padang, PT Global Eksekutif Teknologi, 2022.
Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Rosdakarya, 2006.
Permendiknas No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Praswoto, Andi. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu, Jakarta: PT Kencana, 2017.
Rusman, Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana , 2017.
Sarkadi, Tahapan Penilaian Pembelajaran, Surabaya: CV. Jakad Media Publishing, 2020.
Setyosari, H. Punaji. Desain Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2020.
Simatupang, Hasudungan. Pengantar Pendidikan Agama Kristen, Yogyakarta: PT ANDI, 2020.
Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Jakarta: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Suprihatiningrum, Jamil. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi, Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2013.
Syarif, H. Zainuddin. Full Day Education: Konsep dan Implementasi, Malang: Literasi Nusantara, 2019.
Tilaar, H.A.R. Standarisasi Pendidikan Nasional: Suatu Tinjauan Kritis, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.
Yoman, Socrates S. Yesus Sang Guru Agung, Bandung: Kalam Hidup, 2018.