IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM KELUARGA DENGAN KONSEP MERDEKA BELAJAR
Main Article Content
Abstract
Abstract : This article discusses the implementation of Christian religious education within families through independent learning. Technological advancements have significantly impacted various aspects of life, including education. In this context, parents serve as teachers, educators, and companions, shouldering the responsibilities within the family. This descriptive research employs a qualitative approach, utilizing literature reviews, interviews, observations, and documentation. Findings indicate that the family plays a crucial role in nurturing children's potential, fostering emotional strength, self-control, intelligence, morality, and skills applicable to societal life. Education is paramount in family life, with the family often regarded as the first educational institution, providing continuous education from the womb to adulthood. The family environment significantly influences a child's growth and development. Parents must not only possess knowledge but also exemplify a responsible life, guiding their children towards fulfilling futures.
Abstrak: Artikel ini membahas penerapan pendidikan agama Kristen dalam keluarga melalui konsep pembelajaran mandiri. Kemajuan teknologi telah berdampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Dalam konteks ini, orang tua berperan sebagai guru, pendidik, dan pendamping, yang memikul tanggung jawab dalam keluarga. Penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan tinjauan pustaka, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa keluarga memainkan peran penting dalam mengembangkan potensi anak, membina kekuatan emosional, pengendalian diri, kecerdasan, moralitas, dan keterampilan yang dapat diterapkan dalam kehidupan masyarakat. Pendidikan sangat penting dalam kehidupan keluarga, dengan keluarga sering dianggap sebagai lembaga pendidikan pertama yang memberikan pendidikan terus menerus dari dalam kandungan hingga dewasa. Lingkungan keluarga sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Orang tua tidak hanya harus memiliki pengetahuan, tetapi juga menjadi teladan hidup yang bertanggung jawab, membimbing anak-anak mereka menuju masa depan yang penuh makna.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Azizy, Qodri. Pendidikan Agama untuk Membangun Etika Sosial. Semarang: CV. Aneka Ilmu, 2009.
Harris, Maria, dan Gabriel Moran. Mendidik Pribadi: Memetakan Pendidikan Kristiani Pendekatan-Pendekatan Menuju Pembelajaran Jemaat. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2018.
Homrighausen, E. G., and Enklaar, I. H. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: PT Gunung Mulia, 2009.
Johnson, Elaine. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Learning Center, 2007.
Kariso, Niha. “Dimensi Spiritualitas dalam Kompetensi Kepribadian.” STT Banua Niha Keriso Protestan 2, no. 8 (2020): 45-60.
Komalasari, Kokom. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama, 2015.
Lestari, Wahyuning Susilowati. “Pembelajaran Kimia Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen 11, no. 1 (2020): 4.
Nurul Zuriah. Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Prasetya, Penta Astari. Berbagai Macam Implementasi Berbasis Budaya Sekolah: Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Sekolah Merdeka Belajar. Palembang: CV. Interactive Literacy Digital, 2021.
Purwanto, M. Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Riyanto, Yatim. Paradigma Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Pendidik Dan Implementasinya Bagi Pembelajaran Efektif.
Simanjuntak, Junihot. Filsafat Pendidikan dan Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2013.
Simanjuntak, Junihot. Media Pembelajaran PAK. STT Karisma, 2020.
Sijabat, B.S. Mengajar Secara Profesional, Mewujudkan Visi Guru Profesional. Bandung: Kalam Hidup, 1993.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta, 2022.
Sumartana, et al. Puralisme, Konflik dan Pendidikan Agama di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
Susiliana, Rudi. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sandiarsa Sukses, 2001.
Wahyuning, Susilowati Lestari. “Pembelajaran Kimia Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen 11, no. 1 (2020): 4.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014.