Media Video Pembelajaran Dalam Pencapaian Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen

Main Article Content

Elenrina Suryani Faot
Rinto Hasiholan Hutapea

Abstract

Abstract : This study aims to see the influence and how much influence learning video media has on student learning outcomes in Christian subjects at SMK YPSEI Palangka Raya. In this study, researchers used quantitative methods. Where the objects in this study were taken from all students who are Christians at SMK YPSEI Palangka Raya totaling 40 people. This study used comparative causal correlation analysis techniques, as well as data testing using the SPSS application. The results showed that there was a significant influence between video media and student learning outcomes. In accordance with the calculation results of the SPSS program, which shows a Regression F value of 46,111 and Sig 0.000<0.05 which means that there is a positive and significant influence between video media and learning outcomes. Rsquare's score of 0.548 which implies that the influence of video media on the learning outcomes of Christian Religious Education subjects is 55%, while the rest is influenced by other variables.


 


Keywords: Christian religious education, learning outcomes, learning video media


 


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dan seberapa besar pengaruh mediaavideo pembelajaran terhadap hasillbelajar peserta didik pada mata pelajaran Agama Kristen di SMK YPSEI Palangka Raya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif. Dimana objek dalam penelitian ini diambil dari seluruh peserta didik yang beragama Kristen di SMK YPSEI Palangka Raya berjumlah 40 orang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi kausal komparatif, serta pengujian data menggunakan aplikasi SPSS. Hasilppenelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan, antara media video dan hasil belajar peserta didik. Sesuai dengan hasil perhitungan program SPSS, yang menunjukan nilai Regression Fhitung sebesar 46.111 dan Sig 0,000<0,05 yang artinya adanya pengaruh positif dan signifikan antara media video dan hasil belajar. Nilai Rsquare sebesar 0,548 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh media video terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen adalah sebesar 55%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.


 


Kata Kunci: hasil belajar, media video pembelajaran, pendidikan agama kristen

Article Details

How to Cite
Faot, E. S. ., & Hutapea, R. H. (2022). Media Video Pembelajaran Dalam Pencapaian Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen . Masokan Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(2), 116–136. https://doi.org/10.34307/misp.v2i2.62
Section
Articles

References

Anshor, Sokhibul. “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografis.” Universitas Lampung, 2015.

Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek PAK Dari Plato Sampai Ignasius Loyola. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2018.

Damayanty, N. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Sub Tema Tugas Ku Sehari-Hari Di Rumah Kelas 2 Melalui Daring Di SDN Letek Bangil.” UIN MMI Malang, 2020.

Fasyi, Muhammad Chusnul Al. “Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Ngeri Ngoto Bantul Yogyakarta.” Basic Education 4, no. 16 (2015). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1195.

Huda, S. Media Animasi Digital Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill. Padang: UNP Press, 2020.

Irawan, Rizka Kagum, and Achmad Fathoni. “Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD N Pajang III No. 206 Surakarta Tahun 2014/2015.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.

Kurniawan, Taufik Dwi, and Trisharsiwi Trisharsiwi. “Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Gedangsari Gunungkidul Tahun Ajaran2015/2016.” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 3, no. 1 (2016). https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/739.

Nuhamara, Daniel. Pembimbing Pendidikan Agama Kristen. Bandung: Jurnal Info Media, 2009.

Pagarra, Hamzah, and Nur Abidah Idrus. “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran IPA Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.” Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan 8, no. 1 (2018). https://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend/article/view/4362.

Rokhmawan. Panduan Pembelajaran Via Simulasi Digital (SMIDIG). Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute, 2020.

Septiana, Gustiar Aldi. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH(Studi Eksperimen Di MTs Raudlatul Ulum Pasirgadung - Mancak).” UIN SMH Banten, 2018.

Simarmata, J. Elemen-Elemen Multimedia Untuk Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Ramaja Rosdakarya, 2012.

Sugiarto, Toto. E-Learning Berbasis Schoology Tingkatkan Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: cv. Mine, 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta, 2016.

Wahyuningsih, S. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Budi Utama, 2020.

Yudianto, Arif. “Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran.” In Seminar Nasional Pendidikan. Sukabumi: Universitas Muhammadiyah Sukabumi, 2017.

Yuwanita, E. “Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Teknologi Menjahit Di SMK Negeri 3 Pacitan.” Universitas Negeri Semarang, 2016.